MAKALAH
KOMPUTERISASI PEMBELAJARAN FISIKA
( BLOG )
Disusun oleh :
NAMA : HASNIATI
NIM : H0417326
KELAS : FISIKA / B
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULAWESI BARAT
2019
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat
dan hidayah-nya kepada kami, sehingga penulis
dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
Makalah
ini merupakan tugas untuk melengkapi serangkaian tugas dari mata kuliah
“Komputerisasi Pembelajaran Fisika”. Adapun judul dari makalah ini adalah “Blog”
Tidak
lupa pula kami ucapkan terimah kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak
Musdar,S.Pd.,M.Pd selaku dosen mata kuliah “Komputerisasi Pembelajaran Fisika”
yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami
sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangkah menambah wawasan serta pengetahuan kita. Kami berharap kritik
,saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan
datang
Akhir
kata kami bengharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat maupun memberi
inspirasi terhadap pembaca.
Majene,23 September
2019
HASNIATI
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..............................................................................................................
DAFTAR ISI
............................................................................................................................
BAB 1 PENDAHULUAN
Latar
Belakang........................................................................................................
Tujuan
......................................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
Pengertian Blog.........................................................................................................
Sejarah Perkembangan Web Blog
Yang Ada Di indonesia.......................................
Manfaat Blog Dalam Dunia
Pendidikan....................................................................
Cara Membuat Blog
Gratisan....................................................................................
BAB III KESIMPULAN
Kesimpulan...................................................................................................................
Saran.............................................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA.......................................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi yang kian pesat dan sangat maju serta
diminati dewasa ini mengacu pada sumber informasi yang sudah tak asing lagi
yakni internet. Penggunaan jasa layanan internet di Indonesia terusmengalami
peningkatan. Manfaat internet sebagai salah satu solusi untukmengefisienkan
berbagai kepentingan telah dirasakan oleh banyak kalangan.Salah satunya
melahirkan media baru yang di sebut blog.
Dilihat dari kondisi tersebut
berkembang pula teknologi internet. Salah satunya adalah blog dimana denagn
blog yang semakin lama semakin berkembang sehingga kita dapat menggunakannya
untuk memperluas hubungan teman/kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas
yang besar. Dan blog itu dapatdigunakan dalam berbagai bidang seperti ajang
untuk memperoleh beragam info ataupun berbisnis.Blog sebagai sebuah media
memiliki berbagai fasilitas sebagaisebuah website pribadi atau konstitusi.
Web blog merupakan sarana
penyampaian secara online yang memiliki fasilitas dasar internet yang mampu
menembus batas ruang dan waktu.Blog juga merupakan media yang sangat interaktif
dan media yang sangat dinamis untuk menambah wawasan dan eksistensi diri.Blog
dapat pula di sebut sebagai media digital yang komunitas elektroniknya
bertebaran di internet dan dengan sekian banyaknya blog di internet yang selalu
mencari website-website yang menarik maka akan membuat blog semakin unik saja.
Blog mempunyai fungsi sangat
beragam, dari sebuah catatan harian sampai dengan media publikasi dalam sebuah
kampanye politik,program program media dan korporasi. Sebagian blog dipelihara
oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis.
Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya,
yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas
isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang
sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Tujuan
Untuk mengetahui Apa itu Blog
Untuk mengetahui sejarah
perkembangan web Blog yang ada di indonesia
Untuk mengetahui manfaat Blok
dalam dunia pendidikan
Untuk mengetahui cara membuat
Blog gratisan
BAB II
PEMBAHASAN
PENGERTIAN BLOG
Blog
adalah kependekan dari weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jhon
Barger pada bulan desember 1997. John Barger menggunakan istilah weblog untuk
menghubungkan kelompok situs web pribadi yang dapat memperbarui kontinu dan
memberikan tautan-tautan ke situs web lain yang mereka anggap menarik dengan
komentar- komentar mereka sendiri
Blog
adalah kependekan dari Web dan Log, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn
Barger (1997). Jorn Barger menggunakan
istilah Weblog untuk menyebut kelompok Website pribadi yang selalu diupdate
secara kontinu dan berisi link-link ke Website lain yang mereka anggap menarik
disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Blog
merupakan situs Web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang
diupdate (diperbarui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk
umum maupun pribadi.
Web
ini mampu memuat tulisan- tulisan, gambar atau sering dikenal dengan istilah
posting. Posting di blog artinya kita mengisi blog kita dengan
tulisan ataupun gambar yang bersifat informasi, hiburan, penawaran bisnis,
iklan, dan banyak lagi.
Para
pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi
mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, tanggapan terhadap link-link
yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat
personal.
SEJARAH PERKEMBANGAN WEB BLOG DI
INDONESIA
Pada
tahun 1997, seorang program bernama John Barger, menciptakan istilah web log
yang diambil dari kata "logging the web" yang dapat diartikan sebagai
"memasuki sebuah web", karena memang pada awalnya blog blog banyak
digunakan untuk mengunjungi link-link web lain yang menurut mereka menarik.
Hingga
pada tahun 1999, munculah istilah blog, yang diciptakan oleh Peter Merholz, ia
menyebutnya dengan sebutan wee-blog, yang kemudian disingkat menjadi blog saja.
Dan karena penemuan kata blog
itulah, orang-orang yang mengelora blog mulai disebut dengan blogger.
Dunia
per-blog-an ini pun terus berkembang, apalagi dengan munculnya media blog
pertama yaitu Blogger.com,
yang pada awalnya dimiliki oleh PYRA LABS, dan kemudian karena kepopulerannya,
akhirnya menarik minat google untuk mengakuisisinya pada tahun 2002, dan
semenjak itu lah dunia perbloggingan semakin berkembang, terbukti dengan
semakin banyak pula aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukkan untuk
perkembangan para pengelola blog tersebut.
Perkembangan
blog di indonesia, di mulai ketika Indonesia mulai mengenal internet, yaitu
pada tahun 1994, saat itu sudah ada beberapa web yang dibuat oleh orang
Indonesia, itupun hanya menumpang hosting dari universitas-universitas diluar
negeri, dan ketika para mahasiswa itu lulus, situs web yang mereka buat sudah
tidak bisa diakses lagi karena sudah dihapus oleh universitas terkait.
Dan mungkin yang tersisa hanyalah web milik pak Budi Rahardjo, yang menurutnya sudah ada sebelum browser netscape pada 1994.
Dan mungkin yang tersisa hanyalah web milik pak Budi Rahardjo, yang menurutnya sudah ada sebelum browser netscape pada 1994.
pada awal munculnya istilah blog, tidak banyak
blogger-blogger dari Indonesia yang dapat membuat dan mengelola blog mereka
sendiri, penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah karena kurangnya
fasilitas yang dimiliki untuk mengakses media media pembuat blog.
Namun
seiring masuk ke tahun 2000-an perkembangan dunia perbloggingan di indonesia
semakin tinggi, apalagi ketika diciptakannya layanan publikasi blog yang ramah
terhadap pengguna seluler, salah satunya bernama mywapblog atau sering
disingkat mwb.
Tepatnya
pada 10 september 2008, oleh seorang pemuda bernama arvind gupta yang saat itu
masih berusia 19 tahun. Berawal dari keprihatinan, kemudian ia bertekad untuk
membuat platform blog yang ramah terhadap pengguna seluler, dan hasilnya ia
sukses menjadikan mywapblog menjadi penyedia layanan blog terbesar di Indonesia
pada saat itu, terbukti dengan jumlah pengguna mywapblog asal indonesia saat
itu yang berjumlah lebih dari 70 %, serta sebagian besar mereka menggunakan
telepon genggam, dan karena hal itulah menjadikan dunia perbloggingan di
indonesia semakin bergairah.
Dimana
ada kejayaan pasti ada kemunduran, sempat maju pesat, akhirnya dunia
perbloggingan ini mengalami kemunduran, penyebabnya tak lain adalah karena
banyaknya media media sosial yang kini lebih banyak digandrungi karena
kemudahannya,
Tercatat
pada tahun 2015 hanya ada 3,5 % dari 88,1 juta pengguna internet asal indonesia
yang mampu tetap fokus mengelola dan membesarkan blognya.
Dan pada tahun 2017 tercatat ada
3,8 % dari seluruh pengguna internet aktif asal indonesia yang menjadi
Blogger.
Hal
ini cukup riskan sekaligus menguntungkan bagi para Blogger di Indonesia,
karena saat ini blog bukan lagi soal mengunjungi atau hanya memberikan opini
dan komentar terhadap web lain, saat ini blog sudah menjadi kebutuhan, bahkan
pekerjaan yang cukup menguntungkan, semakin sedikit blogger di Indonesia
tentunya juga semakin sedikit saingan yang mereka miliki, namun hal ini juga
cukup riskan karena itu berarti dari banyaknya pengguna internet aktif di
indonesia, hanya ada sedikit orang yang memiliki kemampuan untuk membuat konten
kreatif sebagai blogger.
Namun saya kira dunia
perbloggingan di indonesia tidak akan pernah punah secepat itu, karena meskipun
terlihat sedikit nyatanya masih ada komunitas-komunitas blogger yang masih
aktif di indonesia, hal ini tentukan akan menarik minat dari para warganet
terutama generasi muda untuk ikut menjadi pembuat konten kreatif bersama
blogger lainnya.
MANFAAT BLOG DALAM PENDIDIKAN
Kegunaan
Blog untuk dunia pendidikan adalah blog sebagai media penyampai informasi dari
guru kepada murid atau dosen kepada mahasiswannya, karena blog sifatnya online
maka penyampaian informasi diharapkan merata. Serta bagi siswa atau mahasiswa
dapat mengirimkan tugas-tugas kepada guru kapan saja dan dimana saja. Dengan
adanya blog dari guru atau dosen kita dapat mengakses bahan-bahan belajar
setiap saat dan berulang-ulang. Selain itu kita juga dapat berkomunikasi dengan
guruatau dosen setiap saat, misalnya melalui chatting dan email. Mengingat
sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses
melalui internet, maka kita dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini
kapan saja dan dari mana saja, juga tugas-tugas pekerjaan rumah dapat
diserahkan kepada guru/dosen begitu selesai dikerjakan. berikut manfaat blog
dalam dunia pendidikan:
Blog sebagai Sumber Informasi
Dalam
dunia pendidikan dibutuhkan berbagai macam pengetahuan. Untuk itu guru dan
siswa haruslah memiliki berbagai macam buku untuk mengembangkan pengetahuannya.
Nah selain buku, ada satu wadah praktis yang bisa dimanfaatkan yaitu blog. Kita
bisa mencari berbagai macam pengetahuan dari blog-blog yang ada didunia maya.
Memang tingkat keakuratannya tidak begitu tinggi, namun sangat bermanfaat
sebagai pelengkap dari pengetahuan yang kita miliki. Karena sebagai mana kita
ketahui, internet merupakan jaringan yang sangat cepat, sehingga informasi
terbaru juga akan lebih cepat didapatkan. Tentu saja ini membantu penambahan
sumber informasi bagi dunia pendidikan, baik itu untuk guru maupun siswa.
2. Blog sebagai Media
Pembelajaran
Pernahkah
sobat melakukan belajar online bersama guru didunia maya? Ya, semakin pesatnya
teknologi memang memungkinkan semua itu akan terjadi. Belajar bisa dilakukan
dari jarak jauh dengan menggunakan blog. Biasanya guru yang akan menyediakan
bahan diblognya, kemudian para siswa akan dituntut untuk membuka blog tersebut
untuk mengikuti proses pembelajaran. Suatu kegiatan yang mungkin terjadi saat
ini.
3. Blog sebagai Penunjang Bakat
dan Minat
Fenomenanya
pada saat sekarang ini, tidak semua siswa yang suka ngeblog. Beberapa diantara
siswa lebih memilih bakat didunia nyata dibandingkan dunia maya. Contohnya
siswa yang suka basket, dia tidak akan suka ngeblog. Biasanya siswa yang suka
ngeblog itu adalah siswa yang hobby fotografi, sastra, seni atau lainnya.
Dengan demikian siswa yang hobi fotografi akan dengan mudah memampangkan hasil
karya mereka diblognya. Siswa yang hobi sastra akan lebih senang menulis
diblognya. Siswa yang hobi seni akan lebih sering memampangkan drama teater
diblognya. Otomatis blog sangat berfungsi bagi du, nia pendidikan salah satunya
menunjang bakat dan minat siswa.
4. Blog sebagai Sarana Promosi Institusi
Dengan
blog, sebuah institut pendidikan bisa mempromosikan diri. Ini sangat
berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Sebagai calon siswa kita akan dengan
mudah mengetahui informasi tentang sebuah institut pendidikan dari blog khusus
yang mereka miliki .
Mungkin hanya sekian manfaat blog untuk dunia pendidikan yang bisa saya telaah. Memang jika dikaji lebih lanjut, tidak akan ada habisnya manfaat blog bagi dunia pendidikan. Semuanya akan berkaitan antara satu dan lainnya. Baik guru maupun siswa apalagi pada era milinium sekarang ini, yang tidak bisa lepas dari peran dunia sosial media, salah satunya melalui sebuah blog. Namun, yang harus diwaspadai yaitu penyalahgunaan blog. Terkadang banyak juga guru yang memanfaat siswanya untuk mengambil keuntungan pribadi. Contohnya mendownload file, mengklik iklan, dan lain sebagainya. Boleh memang menyuruh siswa mendownload file yang dibutuhkan untuk proses belajar mengajar, tapi alangkah baiknya jika tidak dijadikan ajang pengambilan keuntungan. Karena perilaku tersebut sama saja mengajari peserta didik untuk melakukan tindakan plagiat. Sangat tidak profesional jika seorang guru memanfaatkan siswanya untuk mengambil keuntungan dari blog yang dimilikinya. Maka dari itu, manfaatkanlah blog ini sebagaimana mestinya. Orang berpendidikan pasti akan paham mana yang pantas dan tidak pantas dilakukan pada sebuah blog. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.
Mungkin hanya sekian manfaat blog untuk dunia pendidikan yang bisa saya telaah. Memang jika dikaji lebih lanjut, tidak akan ada habisnya manfaat blog bagi dunia pendidikan. Semuanya akan berkaitan antara satu dan lainnya. Baik guru maupun siswa apalagi pada era milinium sekarang ini, yang tidak bisa lepas dari peran dunia sosial media, salah satunya melalui sebuah blog. Namun, yang harus diwaspadai yaitu penyalahgunaan blog. Terkadang banyak juga guru yang memanfaat siswanya untuk mengambil keuntungan pribadi. Contohnya mendownload file, mengklik iklan, dan lain sebagainya. Boleh memang menyuruh siswa mendownload file yang dibutuhkan untuk proses belajar mengajar, tapi alangkah baiknya jika tidak dijadikan ajang pengambilan keuntungan. Karena perilaku tersebut sama saja mengajari peserta didik untuk melakukan tindakan plagiat. Sangat tidak profesional jika seorang guru memanfaatkan siswanya untuk mengambil keuntungan dari blog yang dimilikinya. Maka dari itu, manfaatkanlah blog ini sebagaimana mestinya. Orang berpendidikan pasti akan paham mana yang pantas dan tidak pantas dilakukan pada sebuah blog. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.
Perlunya seorang guru mempunyai
blog karena blog adalah media yang sangat membantu disamping untuk menambah wawasan
sekaligus untuk eksistensi diri.
1). Menuliskan apapun tentang
kegiatan di sekolah seperti; menceritakan kegiatan belajar yang menyenangkan
bersama murid-murid, menceritakan inovasi dalam metode mengajar yang memang
menarik minat dan bisa jadi contoh bagi guru-guru yang lain untuk dipraktekkan
di kelas mereka, menuliskan uneg-uneg akan protes kebijakan sekolah selain jadi
bahan melepas stres juga bisa sebagai ancang-ancang berargumen dengan kepala
sekolah/kepala yayasan.
2). Bisa menjadi cermin evaluasi
diri karena tulisan-tulisan kita juga dikomentari oleh berbagai orang dengan
berbagai sudut pandang sehingga kita juga belajar memahami berbagai karakter
orang dan sudut pandang seseorang menyikapi masalah.
3). Menguji kualitas
tulisan-tulisan. Posting sebuah tulisan di blog. Kalau banyak orang yang
menyukainya, maka sukses jadi penulis yang berbakat. Jika tak ada yang suka,
berarti harus belajar lebih giat lagi untuk membuat tulisan yang menarik.
Intinya, aktivitas blogging dapat menjadi sarana yang sangat jitu untuk
mengevaluasi kualitas dan kemampuan.
4). Bisa menjadi ajang
sosialisasi dan menyusun kekuatan opini apalagi dengan teknologi sindikasi
berita, link dan mesin pencari sekarang.
5). wadah untuk memperoleh
pendapatan sampingan.
Dengan semua kegunaan blog adapun
harus diperhatikan oleh guru sebagai upaya dalam pemanfaatan blog dalam dunia
pendidikan, antara lain :
a. Fresh Artikel
Seorang guru harus dengan rajin untuk memposting artikel di blog yang dikelolanya. Hal ini dilakukan agar siswa – siswanya senantiasa kembali dan kembali lagi mengunjungi blog untuk mencari artikel – artikel baru yang pastinya akan membantu mereka dalam memahami mata pelajaran dengan lebih baik lagi.
Seorang guru harus dengan rajin untuk memposting artikel di blog yang dikelolanya. Hal ini dilakukan agar siswa – siswanya senantiasa kembali dan kembali lagi mengunjungi blog untuk mencari artikel – artikel baru yang pastinya akan membantu mereka dalam memahami mata pelajaran dengan lebih baik lagi.
b. Bersahabat Dengan Siswa
Sifat resmi dan baku yang tersaji dalam kegiatan pembelajaran yang terjadi di dalam kelas sebisa mungkin untuk dihilangkan ketika seorang guru menuliskan artikel di dalam blognya. Gunakan kata dan kalimat yang mudah dipahami oleh siswa dan tidak terlalu baku agar para siswa merasa enjoy dalam memahami inti tulisan yang diposting. Dengan kata lain bersikaplah bersahabat dengan mereka yang tercermin dalam bahasa tulisan yang mudah untuk dibahami dan tidak terlalu kaku.
Sifat resmi dan baku yang tersaji dalam kegiatan pembelajaran yang terjadi di dalam kelas sebisa mungkin untuk dihilangkan ketika seorang guru menuliskan artikel di dalam blognya. Gunakan kata dan kalimat yang mudah dipahami oleh siswa dan tidak terlalu baku agar para siswa merasa enjoy dalam memahami inti tulisan yang diposting. Dengan kata lain bersikaplah bersahabat dengan mereka yang tercermin dalam bahasa tulisan yang mudah untuk dibahami dan tidak terlalu kaku.
c. Pemaksaan
Pemaksaan disini dalam artian bahwa para siswa harus berkunjung ke blog yang dikelola oleh guru untuk mencari artikel yang relevan dengan tugas yang diberikan oleh guru. Jadi, guru memberikan sebuah tugas yang mana jawabannya ada di dalam blog yang dikelolanya, sehingga dengan demikian, para siswa ‘terpaksa’ harus mengunjungi blog-nya dan mencari artikel yang relevan. Pemaksaan ini tidak lain sebagai suatu cara pembentukan kebiasaan bagi para siswa untuk rajin berkunjung ke blog yang dikelola oleh gurunya.
Pemaksaan disini dalam artian bahwa para siswa harus berkunjung ke blog yang dikelola oleh guru untuk mencari artikel yang relevan dengan tugas yang diberikan oleh guru. Jadi, guru memberikan sebuah tugas yang mana jawabannya ada di dalam blog yang dikelolanya, sehingga dengan demikian, para siswa ‘terpaksa’ harus mengunjungi blog-nya dan mencari artikel yang relevan. Pemaksaan ini tidak lain sebagai suatu cara pembentukan kebiasaan bagi para siswa untuk rajin berkunjung ke blog yang dikelola oleh gurunya.
d.Aktualisasi Diri
Tulisan yang diposting dalam suatu blog adalah merupakan suatu bentuk aktualisasi diri dari seorang guru. Dari tulisan yang diposting, para pembaca akan dapat mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan serta kompetensi seorang guru terhadap mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya. Terlebih lagi, sebuah tulisan akan senantiasa tersedia dan dapat diakses setiap saat oleh para siswanya, selama domain serta hostingnya senantiasa diperpanjang agar tidak dihapus oleh server, atau mungkin bagi pengguna blog gratisan, harus dijaga agar tulisannya tidak melanggar TOS yang telah ditetapkan yang dapat memungkinkan dihapuskannya akun blog yang dimilikinya.
Tulisan yang diposting dalam suatu blog adalah merupakan suatu bentuk aktualisasi diri dari seorang guru. Dari tulisan yang diposting, para pembaca akan dapat mengetahui sejauh mana tingkat pengetahuan serta kompetensi seorang guru terhadap mata pelajaran yang menjadi tanggung jawabnya. Terlebih lagi, sebuah tulisan akan senantiasa tersedia dan dapat diakses setiap saat oleh para siswanya, selama domain serta hostingnya senantiasa diperpanjang agar tidak dihapus oleh server, atau mungkin bagi pengguna blog gratisan, harus dijaga agar tulisannya tidak melanggar TOS yang telah ditetapkan yang dapat memungkinkan dihapuskannya akun blog yang dimilikinya.
e.Komunikasi Dua Arah
Seorang guru harus pandai – pandai memanfaatkan blog yang dikelolanya untuk menjaring feedback/masukan dari para siswanya demi peningkatan proses serta kualitas pembelajaran yang terjadi. Terkadang seorang siswa merasa malu dan sungkan untuk menyampaikan entah itu kesulitannya ataupun kritikannya secara langsung kepada gurunya ketika kegiatan pembelajaran sedang berlangsung di dalam kelas meskipun seorang guru memintanya secara langsung.
Melalui blog yang dikelola oleh guru, ajaklah para siswa untuk memberikan masukan serta pendapatnya dengan cara berkomentar di kolom komentar yang tersedia ataupun dengan mengikuti sebuah polling yang disediakan oleh guru dalam suatu tema tertentu. Dengan cara seperti ini, para siswa akan merasa aman dan nyaman dalam memberikan masukannya agar proses serta kualitas pembelajaran dapat meningkat. Seorang guru juga harus dengan bijaksana menerima masukan dari para siswanya dan harus melakukan perbaikan berdasarkan feedback yang diterima.
Seorang guru harus pandai – pandai memanfaatkan blog yang dikelolanya untuk menjaring feedback/masukan dari para siswanya demi peningkatan proses serta kualitas pembelajaran yang terjadi. Terkadang seorang siswa merasa malu dan sungkan untuk menyampaikan entah itu kesulitannya ataupun kritikannya secara langsung kepada gurunya ketika kegiatan pembelajaran sedang berlangsung di dalam kelas meskipun seorang guru memintanya secara langsung.
Melalui blog yang dikelola oleh guru, ajaklah para siswa untuk memberikan masukan serta pendapatnya dengan cara berkomentar di kolom komentar yang tersedia ataupun dengan mengikuti sebuah polling yang disediakan oleh guru dalam suatu tema tertentu. Dengan cara seperti ini, para siswa akan merasa aman dan nyaman dalam memberikan masukannya agar proses serta kualitas pembelajaran dapat meningkat. Seorang guru juga harus dengan bijaksana menerima masukan dari para siswanya dan harus melakukan perbaikan berdasarkan feedback yang diterima.
Pada
akhirnya, blog harus dimanfaatkan secara bijak dan juga serius dalam dunia
pendidikan demi tercapainya pendidikan yang lebih berkualitas dan terciptanya
proses pembelajaran yang lebih menyenangkan bagi para siswa di samping secara
tidak langsung akan meningkatkan kualitas dari guru itu sendiri melalui rajin
mencari sumber referensi sebagai penunjang bahan penulisan artikel baru di
blog.
Dengan
adanya Blog juga mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/materi
pelajaran. Demikian juga interaksi antara peserta didik dengan dosen/guru
maupun antara sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi
informasi atau pendapat mengenai berbagai hal yang menyangkut pelajaran ataupun
kebutuhan pengembangan diri peserta didik. Guru atau instruktur dapat
menempatkan bahan-bahan belajar dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh
peserta didik di tempat tertentu di dalam web untuk diakses oleh para peserta
didik. Sesuai dengan kebutuhan, guru/dosen dapat pula memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk mengakses bahan belajar tertentu maupun soal-soal
ujian yang hanya dapat diakses oleh peserta didik sekali saja dan dalam
rentangan waktu tertentu pula.
CARA MEMBUAT BLOG GRATISAN
Blog
merupakan ‘versi lain’ dari web, biasanya bersifat lebih personal namun
tidak terbatas oleh ruang lingkup tertentu. Artinya blog bisa
membahas apapun, bersifat fleksibel dan menjadi tempat non formal untuk berbagi
informasi. Blog itu tidak mahal, sobat Trenogoers yang ingin
membuat blog gratisan, bisa kok, mau tau caranya? Coba ikuti panduan
pemula berikut ini.
Di
panduan pemula edisi minggu ini TRL akan pandu sobat yang ingin memiliki blog gratisan
dari Blogger.com. Tanpa basa-basi lagi, yuk langsung masuk ke langkah pertama.
Buka halaman web Blogger.com,
Anda akan menemukan halaman dengan tampilan seperti gambar di bawah ini. Jika
Anda sudah memiliki akun Google, silahkan langsung login dengan
memasukkan alamat email dan kata sandi di kotak yang sudah
disediakan. Jika belum, silahkan klik Create an Account terlebih
dahulu.
Isi data dan informasi yang
diminta lalu klik tombol Next Step, lakukan konfirmasi sesuai yang diminta,
verifikasi biasanya meminta nomor ponsel Anda, ikuti saja prosedurnya hingga
selesai.
Selanjutnya kembali ke
blogger.com dan login dengan akun yang baru saja Anda buat.
Saat berhasil masuk ke
blogger.com temukan menu Blog Baru dan klik. Langkah ini sudah
memasuki tahap pembuatan blog.
Isi judul dengan judul apapun
sesuai dengan konsep blog yang ingin Anda buat, kemudian masukkan
alamat blog yang nantinya menjadi tujuan para pengunjung. Pilihlah
nama yang mudah diingat dan semenarik mungkin. Lalu pilih template yang
tersedia di dalam kolom tersebut, dan tutup dengan mengklik Buat Blog!
Selesai! Blog Anda
sudah berhasil dibuat, klik judul blog Anda untuk mengakses dashboard secara
terpisah.
Sekarang blog baru Anda
perlu sebuah artikel, bisa apa saja, mungkin satu dua patah kata untuk
menyambut pengunjung yang datang ke blog pertama Anda. Caranya klik
tombol Entri baru.
Di halaman ini Anda bisa
mengisi blog dengan konten apapun selama dalam aturan yang sudah
ditentukan. Pernah membuat pesan email atau Facebook, hampir sama
tetapi di Blogger.com konten Anda akan terbuka dan dapat dibaca oleh jutaan
orang di seluruh dunia, jadi pastikan konten atau artikel yang Anda tulis
bermanfaat bagi pengunjung.
Buat artikel yang menarik, Anda
bisa juga menambahkan gambar di dalam artikel agar lebih hidup. Coba perhatikan
sejumlah menu di atas kotak artikel di halaman tersebut, saya yakin Anda dapat
memahami dengan mudah apa kegunaan dari setiap tombol tersebut. Practices
makes perfect! Jadi, silahkan menjejalah dengan menghabiskan waktu
beberapa lama di dashboardblog Anda agar lebih cepat paham.
Jika sudah selesai klik
tombol Publikasikan dan Anda akan dihantarkan ke halaman daftar
konten seperti ini. Untuk melihat hasil tulisan Anda, klik Lihat blog.
Ini dia hasil blog yang
baru saja kita buat, mudah bukan?
Panduan cara membuat blog gratis
di platform baru Blogger.com di
atas masih jauh dari sempurna, ada banyak tool dan opsi yang belum
kita bahas. Tapi jangan khawatir, TRL akan terus memberikan panduan-panduan
pemula lainnya yang tak kalah seru. Selamat mencoba dan selamat ya untuk blog
barunya.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Blog adalah kependekan dari Web
dan Log, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger (1997). Jorn Barger menggunakan istilah
Weblog untuk menyebut kelompok Website pribadi yang selalu diupdate secara
kontinu dan berisi link-link ke Website lain yang mereka anggap menarik
disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Blog
merupakan situs Web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang
diupdate (diperbarui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk
umum maupun pribadi.
Web
ini mampu memuat tulisan- tulisan, gambar atau sering dikenal dengan istilah
posting. Posting di blog artinya kita mengisi blog kita dengan
tulisan ataupun gambar yang bersifat informasi, hiburan, penawaran bisnis,
iklan, dan banyak lagi.
Perkembangan
blog di indonesia, di mulai ketika Indonesia mulai mengenal internet, yaitu
pada tahun 1994, saat itu sudah ada beberapa web yang dibuat oleh orang
Indonesia, itupun hanya menumpang hosting dari universitas-universitas diluar
negeri, dan ketika para mahasiswa itu lulus, situs web yang mereka buat sudah
tidak bisa diakses lagi karena sudah dihapus oleh universitas terkait.
Dan mungkin yang tersisa hanyalah web milik pak Budi Rahardjo, yang menurutnya sudah ada sebelum browser netscape pada 1994.
Dan mungkin yang tersisa hanyalah web milik pak Budi Rahardjo, yang menurutnya sudah ada sebelum browser netscape pada 1994.
pada awal munculnya istilah blog, tidak banyak
blogger-blogger dari Indonesia yang dapat membuat dan mengelola blog mereka
sendiri, penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah karena kurangnya
fasilitas yang dimiliki untuk mengakses media media pembuat blog.
SARAN
Di
zaman sekarang apabila masih belum mengenal Blog rasanya sudah
ketinggalan, untuk itu diharapkan dengan adanya makalah tentang Blog ini,
mudah-mudah dapat dijadikan sebagai bahan acuan atau tutorial bagi pembaca
dalam mempelajari blog. Setelah anda membaca makalah kami ini alangkah lebih
baik agar lebih memahami, maka anda langsung mencoba membuat Blog sesuai
langkah-langkah yang telah dijelaskan, sehingga mengenai perbedaannya anda bisa
menjelaskan dan merasakan sendiri keuntungan dari aplikasi ini.
DAFTAR PUSTAKA

1 komentar:
Tugas Komputerisasi Pembelajaran Fisika saya terima..
Posting Komentar